Minggu, 13 Juni 2010

Mengirim Email dengan Lampiran Peta Online

Hari gini masih menggambar peta di kertas, lalu di-scan dan dikirim lewat email atau di-upload ke facebook. Apa kata dunia????

Sekarang sudah jaman internet, semua ada dan dapat dilakukan di Internet, termasuk mengirim peta lokasi. Kamu dapat menggunakan beberapa peta online, seperti Google Maps, Bing Maps dan Ovi Maps. Google Maps adalah kepunyaan raksasa mesin pencari Google, Bing Maps milik raksasa software Microsoft dan Ovi Maps kepunyaan raksasa produsen ponsel Nokia.





Untuk menyertakan peta online ke sebuah email sangatlah mudah. Pertama kamu buka situs peta online, misalnya maps.google.com.

Kemudian kamu cari lokasi yang kamu inginkan. Caranya dengan memasukan alamat atau nama jalan yang kamu cari. Setelah itu klik Search Maps.


Lalu klik pada tautan "Link" yang berada di sebelah kanan. Maka akan muncul jendela link seperti di bawah.


Di jendela tersebut terdapat 2 tautan yang dapat kamu pakai. Yang pertama dapat kamu pakai sebagai tautan untuk dimasukan ke dalam email atau Instant Messenger. Yang kedua adalah script HTML yang dapat kamu pakai untuk menapilkan peta ini di website kamu. Pada saat ini pilihlah yang pertama lalu pilih Copy di menu Edit atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C.

Sekarang buka editor email kamu, ketiklah pesan yang akan kamu sampaikan di email tersebut lalu paste atau tekan kombinasi tombol Ctrl+V. Maka sebuah tautan peta online akan masuk ke email kamu. Setelah itu kamu dapat langsung mengirim email tersebut ke tujuan yang diinginkan.


Misalnya salah seorang teman kamu mendapatkan email yang kamu kirimkan. Dia akan mendapatkan email yang berisi tautan yang telah kamu masukan. Jika ia memilih tautan tersebut, maka ia akan langsung diarahkan menuju alamat peta online yang persis seperti yang telah kamu buat.


Selamat mencoba by day@rh.

Tambahan:
Jika kamu memilih script HTML di atas dan memasukannya ke dalam website kamu, maka kamu akan mendapatkan tampilan seperti berikut.



0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles