Minggu, 25 April 2010

LG GW300: LG dengan BB style

HP LG GW300 menyediakan keyboard QWERTY penuh dan seperti BB, tapi beda target bisnis. Walaupun didesain untuk anak muda, tidak heran orang dewasa pun menyukainya. HP ini mempunyai desain yang umum, yang membuatnya dapat diterima di pasar. Anak muda suka SMSan dan jejaring social untuk selalu dapat berhubungan dengan teman. LG menyadarinya dan terus melihat pasar.

LG GW300 LG GW300 LG GW300

Yang membuat HP ini cukup menjanjikan adalah HP ini memberikan akses ke Facebook dan mempunyai keyboard yang nyaman untuk mengetik cepat, ini akan menjadi kesukaan anda. Tapi dalam hal fitur HP modern seperti musik dan kamera, anda akan dapat fitur terbatas.

Fitur Utama:

  • Mendukung 4-band GSM
  • Layar 2.4" warna 256ribu dengan TFT 320 x 240 pixel
  • Keyboard QWERTY 4 baris
  • kamera 2 megapixel fokus tetap
  • Bluetooth 2.1 dengan A2DP
  • Jack audio standar 3.5mm
  • Internal memory 15 MB
  • Slot kartu microSD (sampai 16GB)
  • Port microUSB standar dan mode eksternal memori
  • Radio FM
  • Aplikasi Live Square
  • Aplikasi Facebook
  • Multi-tasking dengan task manager
  • Ada dial pintar
  • Terjangkau dan QWERTY yang mudah

Kelemahan:

  • Tidak ada 3G atau Wi-Fi
  • Kamera tidak ada auto focus ataupun flash
  • Perekam video hanya resolusi QCIF
  • Tidak mendukung DivX/Xvid
  • Tidak ada viewer dokumen office
  • Facebook adalah satu-satunya aplikasi jejaring social yang ada
Fitur HP ini seperti harganya yang terjangkau dimana tidak dapat berharap lebih dari yang dibayarkan.

LG GW300 LG GW300 LG GW300



HP ini akan jadi lebih baik jika dilengkapi oleh 3G, dan kamera yang lebih baik (2MP tidaklah istimewa). Adanya WiFi akan menjadi solusi yang terbaik untuk aplikasi Facebook yang haus data dan membutuhkan akses internet yang stabil.

Aplikasi Facebook di HP ini tidak ada fitur Push, dimana anda harus update secara manual daripada dapat update secara otomatis. Kami menduga jika fitur Push ini aktif akan menakuti penggunanya saat melihat tagihan. Jadi mungkin ini memang pilihan yang baik.

Sering kali kita melihat sesuatu dari sudut yang berbeda, oleh karena itu mari kita lihat HP ini lebih dalam lagi sebelum mengambil keputusan terlalu cepat.

LG GW300 360 derajat

Untuk HP QWERTY, ukurannya cukup pas yaitu 115.5x61x12.8 mm, yang membuatnya pas di kantong atau dompet. Material plastic membuat HP ini ringan hanya 95 gram. Jadi ukuran dan beratnya sudah tepat, dan terasa kokoh dan nyaman di tangan. Untuk melihat HP ini dalam 360 derajat, klik di sini.

Desain dan konstruksi

HP ini datang dengan beberapa variasi warna: hitam, biru, merah, jingga, merah muda. Selain warna, HP ini secara keseluruhan terlihat bagus (walaupun ada tombol bulat besar aneh, tapi nyaman saat digunakan)

LG GW300 LG GW300 LG GW300



Layar berukuran 2.4 inci 256ribu warna dengan resulusi 320x240 pixel menutupi setengah tampilan depan. Ini terbesar diantara kompetitornya. Kualitas gambarnya bagus baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Di bawah layar tombol yang ada cukup ramai, dimana ada 6 tombol dan D-pad bulat. Tombol besar ini memberikan pengalaman yang berbeda. Tapi kenapa tombol menerima dan menutup teleponnya kecil.



Keyboard QWERTY HP ini mempunyai orientasi sentuh yang sangat baik, mirip sekali dengan Nokia E71. Cahaya belakangnya membuat pengetikan di dalam gelap menjadi mudah. Ada juga tombol khusus untuk membuat pesan,

LG GW300 LG GW300 LG GW300
Perbandingan HP ini dengan Nokia E72 dapat dilihat di gambar berikut ini.

Nokia E72 Nokia E72



Di sisi kiri HP ini ada pengatur besar suara dan slot kartu microSD yang seharusnya hanya mendukung sampai 4GB, tapi kita coba sampai 16GB dan tetap bisa. Sedangkan di sisi kanan HP ini ada tombol untuk mengambil gambar dengan kamera.

LG GW300 LG GW300 LG GW300



Jack audi 3.5mm dan port microUSB ada di sisi atas HP ini. Port microUSB ini mempunyai 2 fungsi untuk transfer data dan mencas battery-nya. Ini merupakan kebijakan LG untuk menggabungkan 2 sambungan ini. Sedangkan di sisi bawah tidak ada apa-apa.

LG GW300 LG GW300 LG GW300 LG GW300



Loud speaker dan lensa kamera terdapat di bagian belakang. Kamera yang hanya 2MP tanpa flash dan auto focus adalah kekurangan yang signifikan.

Cara membuka tutup belakangnya keren, dimana dengan menekan tombol kunci dapat langsung melepaskannya. Di dalamnya ada battery Li-Ion 900mAh yang dapat mendukung bicara sampai 5 jam dan 400 jam standby. Kenyataanya HP ini dapat tahan sampai 3 hari.

LG GW300 LG GW300 LG GW300

Kami senang dengan bentuk yang ergonomic dari HP ini, apalagi dengan keyboard QWERTY. HP ini terlihat murah tapi secara keseluruhan cukup berkualitas. kekurangannya hanya pada suara yang dihasilkan oleh tutup belakangnya.


Antar muka: LiveSquare comm yang bagus

HP ini memiliki antar muka dengan flash keluaran terakhir oleh LG. Antar mukanya menampilkan animasi dan efek transisi yang bagus. Bagian terbaiknya adalah LiveSquare, yang biasanya terdapat di HP LG layar sentuh.

Respon antar mukanya cepat dan baik. Jika kita menggunakan kartu memori 16 GB akan menyebabkan respon HP ini lambat. Sepertinya LG sudah menyadarinya, maka dari itu rekomendasi karu memori hanya sampai 4GB.

LG GW300 LG GW300 LG GW300



Tampilan awal LiveSquare adalah perbaikan yang terlihat dari beberapa HP LG sebelumnya. LiveSquare menampilkan histori dari komunikasi terakhir yang dilakukan. Tersedia beberapa tampilan berbeda, seperti latar belakang kebun binatang atau taman yang diisi oleh beberapa tokoh orang dan hewan kecil untuk memberitahukan jika ada panggilan, pesan atau kejadian yang terlewatkan.

Jumlah pesan ditampilkan dengan gelembung kecil di samping tokoh. Anda dapat mereset LiveSquare setiap hari, agar hanya melihat komunikasi hari ini saja. Dengan tombol abu-abu khusus di bawah, anda dapat melihat histori komunikasi secara keseluruhan.

LG GW300 LG GW300 LG GW300



Menunya simpel, terorganisir dengan baik dan mudah digunakan. Menu utama dapat berbentuk 3x4 ikon atau bentuk daftar, sesuai kesukaan anda.

LG GW300 LG GW300 LG GW300



HP ini dilengkapi dengan task manager, sehingga kita dapat menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan dan berganti-ganti. Task manager mempunya tombol khusus di samping tombol panggilan.

LG GW300

Phonebook-nya hebat

Kapasitas phonebook sampai 1000 kontak, setiap kontak ada detail penuh seperti tambahan nomer, email, gambar, dering khusus bahkan catatan dan tanggal ultah. Tanggal ultah ini dapat disimpan ke kalendar sebagai pengingat.

LG GW300 LG GW300 LG GW300
LG GW300 LG GW300 LG GW300

Ada fitur mencari kontak yang dapat digunakan daripada mengurutkan satu per satu kontak. Ada juga pilihan untuk menampilkan daftar kontak secara terpisah antara SIM dan HP, atau sekaligus.

Fungsi telephon

Tidak ada masalah saat melakukan panggilan, begitu juga dengan kualitas dan penerimaan. HP ini menyediakan fitur dial pintar (smart dialing) dan dial cepat (speed dial)

LG GW300



Fitur dial pintar ini kurang berguna karena hanya mencari kontak berdasarkan nomer yang diketik. Padahal kebanyakan orang tidak mengingat nomer kontak mereka, tapi namanya.

Nilai loud speaker HP ini sangat bagus dalam test pakai, seperti dalam tabel berikut ini.
Speakerphone test Voice, dB Pink noise/Music, dB Ringingphone, dB Overall score
Apple iPhone 3G 66.1 62.1 71.7 Below Average
Nokia 5800 XpressMusic 75.7 66.5 68.5 Good
LG KC910 Renoir 71.9 65.6 72.0 Good
Samsung M8800 Pixon 75.7 69.6 82.1 Very Good
LG GW520 77.1 74.8 82.7 Excellent
LG GW300 78.6 75.7 80.7 Excellent

Membuat pesan FUNtastic (Menyenangkan)

HP ini mendukung SMS, MMS dan email. Seperti HP LG lainnya, SMS dan MMS memakai editor yang sama. Untung ada keyboard QWERTY yang nyaman sehingga mengetik jadi menyenangkan. Walaupun jari anda besar, anda tidak akan menemukan kesulitan menggunakannya.

LG GW300 LG GW300 LG GW300



Untuk email, HP ini bebas masalah. Menyeting akun email mudah sekali berkat fungsi setup pintar. Contohnya untuk Gmail, yang perlu kita isi hanya nama akun dan password-nya, parameter koneksi akan diambil otomatis. Fitur email ini mendukung tipe POP dan IMAP dan klien dengan SSL juga.

LG GW300 LG GW300 LG GW300



Kita dapat mengatur waktu untuk HP men-download email secara otomatis. Ukuran maksimum untuk email masuk dan keluar adalah 1MB. Hal ini untuk menjaga trafik data yang besar dan tagihan pelanggan yang rendah.

Seperti biasa, file arsip seperti ZIP dan RAR tidak bisa langsung dibuka dari attachment, tapi anda bisa simpan di memori. Sama juga untuk file dokumen office dan PDF. Sayang sekali tidak bisa melihat file-file tersebut di HP ini, padahal kebanyakan HP LG sudah bisa.

Facebook reloaded

Berikut ini hal yang paling penting di HP ini, aplikasi java Facebook dapat jalan di belakang. Aplikasi ini tidak mendukung push, sehingga anda harus update manual dan mengecek isi FB anda secara berkala. Oleh karena itu aplikasi ini jadi kurang berguna. Tidak dapat main permainan FB juga. Tapi tetap dapat berhubungan dengan teman, lihat gambar dll.

LG GW300 LG GW300 LG GW300
LG GW300 LG GW300 LG GW300

Galeri gambar

Galeri di HP ini dapat diakses melalui file manager (atau “My stuff”) atau kamera (album). Dapat menampilkan 8 gambar kecil: 2 baris dengan 4 gambar kecil setiap barisnya. Jika anda menggunakan kartu memori yang besar, maka perlu waktu sebentar untuk melihat isinya.

LG GW300 LG GW300



Anda hanya dapat melihat gambar dalam posisi mendatar saja. Perbesaran gambar bekerja cepat dan halus, karena memang ukuran file-nya yang kecil bukan HP ini yang menkompresnya.

LG GW300 LG GW300 LG GW300


Aplikasi musik biasa, tapi suara keren

HP ini memiliki aplikasi yang standar tapi praktis. Anda mencari lagu bedasar artis, album, jenis dan yang terakhir dimainkan. Anda juga dapat membuat daftar lagu sendiri. Aplikasi musik ini dapat jalan di belakang, tapi tidak dapat dikontrol. Anda harus menggunakan task manager untuk kembali ke aplikasi musik.

LG GW300 LG GW300 LG GW300
LG GW300 LG GW300 LG GW300

Ada beberapa equalizer di dalamnya. Tapi kesemuanya itu menghasilkan distorsi, yang menyebabkan setingan di equalizer seperti tidak ada sama sekali.

LG GW300 LG GW300


Radio FM tanpa RDS

HP ini memiliki radio FM, yang dapat didengarkan dengan earphone ataupun loud speaker. Tapi tetap harus menancapkan earphone yang juga berfungsi sebagai antena.

LG GW300 LG GW300 LG GW300



Radio ini dapat menyimpan sampai 50 stasiun. Seperti aplikasi musik, anda dapat me-minimize-nya tapi perlu task manager untuk kembali kepadanya.

Kamera 2MP kurang

HP ini dilengkapi dengan kamera 2MP dengan resolusi gambar sampai 1600x1200 pixel. Tidak ada flash dan auto fokus, karena harganya yang terjangkau kami tidak kaget. Kamera lebih seperti alat tambahan untuk mendukung jejaring sosial.

Pengaturan kamera cukup banyak, seperti white balance, tingkat kualitas gambar, timer dan beberapa efek gambar. Jepret beberapa kali dalam waktu yang berdekatan dapat dilakukan oleh kamera ini.

LG GW300 LG GW300 LG GW300
LG GW300 LG GW300 LG GW300

Ada beberapa hal yang mengecewakan, seperti tidak ada penutup lensa yang melindunginya dari goresan, tidak ada flash untuk malam hari dan focus tetapnya merusak pengambilan dekat (close-up). Untungnya ada tombol khusus untuk mengambil gambar dan menghidupkan kamera.

Kualitas gambarnya bukan yang terbaik, tingkat noise yang cukup tinggi dan bekas penajaman gambar yang berlebihan. Kualitas ini mirip dengan competitor lainnya.

LG GW300 LG GW300 LG GW300 LG GW300



Kamera ini juga dapat merekam video dengan resolusi QCIF. Walaupun panjang video tidak dibatasi, tapi kualitas dan resolusinya hanya bagus untuk MMS.

Untuk melihat contoh rekaman videonya, klik di sini.

Internetan ketinggalan jaman

Browser di HP ini adalah yang paling lemah. Kami bahkan tidak dapat membuka web kami (gs marena.com), yang didapat hanya pesan memori tidak cukup. Hanya bisa dengan mode teks saja. Orang-orang LG harusnya dapat melihat di tahun ini sudah banyak browser HP yang dapat bekerja dengan HTML (yang berisi gambar di dalamnya). Halaman WAP adalah masa lalu.

LG GW300 LG GW300 LG GW300

Terakhir silakan lihat video review oleh tim PhoneArena berikut ini




Kesimpulan

Kata yang tepat untuk HP ini adalah apa yang anda lihat itu yang and dapat, tidak lebih. Ini adalah HP terjangkau dengan akses FB. Memang ada banyak fitur disediakan, tapi dipotong sana-sini. Anda dapat kamera yang hanya dapat mengambil gambar resolusi rendah dan video untuk MMS. Brower untuk internetannya kurang berguna (saran pribadi saya: install Opera Mini). Tidak ada koneksi WiFi dan 3G adalah kekurangan yang lain.

Ada beberapa fitur yang menyenangkan, yaitu aplikasi musik dengan tampilan yang bagus, Bluetooth stereo dan jack audio standar 3.5mm. Keyboard QWERTY-nya sangat nyaman dan menyenangkan saat digunakan. Aplikasi FB di HP ini bagus, karena bukan hanya sebuah link ke web FB, tapi benar-benar aplikasi yang berguna utnuk akses akun FB dan berhubungan dengan teman. Melihat gambar di HP ini juga mempesona, dimana kompetitornya masih sedikit yang dapat melakukan yang sama.

Disadur dari: GSMArena.com
Sumber Lain: PhoneArena, Youtube.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles