Sabtu, 24 April 2010

Billing Info Telkom: Tagihan Telepon Rumah Online

Satu lagi halaman web yang berhubungan dengan pelayanan umum, yaitu infomasi tagihan telepon dari PT. Telkom Indonesia. Web ini menggantikan web lama di alamat plasa.com yang sempat lama hilang, sekarang sudah muncul lagi sejak setahun yang lalu (itu yang saya ketahui hehehe…)

Web ini tidak hanya menyediakan informasi tagihan untuk telepon rumah (PSTN) tetapi juga untuk telepon Fixed Wireless CDMA milik PT. Telkom, yaitu Flexi (tentunya paska bayar). Untuk melakukannya silakan klik link di bawah ini:

http://infobill.telkom.co.id/index.php?time=1247556068

Maka anda akan mendapatkan halaman depan seperti gambar berikut ini, mungkin tidak akan sama persis seperti di bawah karena iklan yang muncul di halaman depan ini selalu berubah-ubah.


Untuk dapat mengecek besar tagihan di web ini, anda tidak perlu melakukan login atau masuk ke dalamnya. Akan tetapi cukup memasukan data-data anda, seperti
  • Jenis Layanan: Telepon atau Flexi
  • No Telepon dengan kode areanya
  • Nomer Pelanggan
  • Bulan tagihan
  • Tahun tagihan
Jika anda tidak tahu Nomer Pelanngan anda, silakan lihat nomer tersebut di bukti pembayaran tagihan dari Telkom. Atau anda dapat mengklik link yang ada di bawah tombol CARI, yaitu TANYA NO PELANGGAN. Kemudian anda akan diharuskan mengisi beberapa data untuk verifikasi dan alamat email yang aktif. Nantinya nomer pelanggan anda akan dikirimkan ke alamat email anda tersebut.


Jika anda sudah tahu nomer pelanggan dan telah mengisi lengkap data-data yang diperlukan di halaman depan web ini, maka anda akan diperlihatkan berapa besar tagihan telepon pada bulan dan tahun yang telah dipilih.

Data tagihan telepon yang ditampilkan di halaman ini cukup lengkap, dimana setiap komponen dari tagihan diperlihatkan secara jelas. Ini sama dengan informasi tagihan yang biasa dikirimkan oleh Telkom setiap bulannya, jika anda berlangganan.

Bahkan yang hebatnya, informasi tagihan ini sudah terintegrasi dengan sistem billing PT. Telkom. Jadi anda dapat mengetahui apakah anda sudah membayar lunas tagihan tersebut atau belum.



Kelebihan:

  • Web ini sangat mudah digunakan
  • Rincian komponen tagihan telepon ditampilkan dengan lengkap
  • Sudah terintegrasi dengan system billing PT Telkom

Kekurangan:

  • Tidak disediakan mode pencarian data history tagihan dari bulan satu ke bulan lainnya, jadi anda harus melihat satu per satu jika anda ingin melihat beberapa tagihan di bulan sebelumnya.
Selamat mencoba….. (day@rh)

2 komentar:

PLEASANT HILL VILLA LEMBANG mengatakan...

info tagihan telkom susah,selalu ada jawaban (MAAF TAGIHAN BELUM TERSEDIA)

day@rh mengatakan...

oh ya??... mungkin blm diupdate oleh telkom nya ya... barusan saya coba bisa cek tagihan rumah saya yg bulan mei ini...
masukan nih buat Telkom

thanks buat komennya :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles