Kamis, 22 April 2010

Nokia 5130 XpressMusic: HP Musik Murah tapi Mantap

Pada saat tertentu setiap orang memerlukan hp yang masuk akal dimana kelihatan bagus tapi tidak mahal. Nokia 5130 XpressMusic adalah hp semacam itu, yang termanis, terjangkau yang dibuat oleh pabrikan yang bagus juga.

Dengan daya tarik anak muda, Nokia 5130 XpressMusic tidak akan menggantikan laptop anda, tapi akan memberikan semua hal yang sebuah hp miliki. Menawarkan fasilitas minimum bukanlah yang diharapkan oleh pengguna tapi itulah keinginan pasar. Kenyataannya bahwa Nokia 5130 XpressMusic terjual lebih dari 13 juta adalah bukti yang cukup.

Lagi pula tidak semua orang mampu membeli N97 dan tidak semua orang membutuhkannya juga. Apa yang dibutuhkan orang adalah kemampuan bagus dari hp mereka, dan keandalan untuk harga murah. Jadi kita akan review hp ini berdasarkan teori ini.
Nokia 5130 XpressMusic Biru 

Fitur andalan:

  • Quad-band GSM (850 / 900 / 1800 / 1900)/GPRS/EDGE
  • Layar TFT 2" warna 262K resolusi QVGA (240 x 320 pixels)
  • Desain yang manis dan material bagus
  • Mendukung kartu memori microSD sampai 16GB (tersedia 1GB)

Fitur Musik:

  • Kualitas suara bagus sekali
  • Tombol musik sendiri dengan lampu
  • Efek lampu musik
  • Jack audio standar 3.5 mm
  • Stereo Bluetooth v2.0 (A2DP)
  • Radio FM Stereo dengan RDS
  • Memainkan musik sampai 21jam

Fitur Lainnya:

  • Phonebook: 2000 entri
  • Memori internal: 30MB
  • Dimensi: 107.5 x 46.7 x 14.8 mm, berat: 88 g
  • Mendukung ringtone mp3 dan getar
  • Camera 2 MP, 1600x1200 pixels
  • Kabel data microUSB v2.0 (tersedia)
  • Browser: WAP 2.0/xHTML, HTML (Opera mini tersedia)
  • Mendukung Java MIDP 2.1

Kekurangan:

  • Kualitas camera rata-rata, tanpa flash atau auto fokus
  • Kualitas video QCIF (untuk MMS)
  • Tidak bisa 3G
  • Speaker eksternal tidak stereo
  • Tidak ada smart dialing
  • Tidak bisa multi-tasking Java
  • Tidak ada office viewer
  • Tidak ada Flight mode dan tidak ada Active stand-by
HP ini mungkin bukan handset untuk pasar umum tapi pastinya bukan kualitas rata-rata juga. Sebaliknya, hp ini merupakan salah satu gadget yang menghasilkan uang banyak untuk produsennya. Dengan harapan seperti ini, kami jadi penasaran apa yang ditawarkan oleh HP ini.

Paket Jualannya bagus

HP ini dijual dengan kotak yang kecil sekali. Bukan berarti tidak ada apa-apa di dalamnya, hanya saja anda bisa memasukan 4 kotak ini ke dalam kotak N96.

Paket ini menyediakan kabel USB kecil, yang dapat dibayangkan orang. Dan panjangnya hanya beberapa sentimeter saja, sehingga anda harus melatakan HP ini tepat disebelah slot USB pada saat disambung.
Perlengkapan lainnya adalah charger, handsfree, buku manual dan kartu memori microSD 1GB. Tidak ada tambahan lain, tapi ini sudah semua yang anda butuhkan dalam kotak kecil dan dengan harga yang ditawarkan.

Nokia 5130 XpressMusic: tampilan 360 derajat

Hal pertama yang mengena ke kami pada saat pertama kali memegang HP ini adalah HP ini mempunyai tampilan yang menarik, mirip dengan tampilan ramping Nokia 6300 yang telah membuatnya sukses, dan begitu juga Nokia 5310 dan Nokia 6500 classic setahun yang lalu.

HP ini mempunyai ukuran 107.5 x 46.7 x 14.8 mm dan walaupun volumenya 65 cc, hal ini tidak terasa seringan tipe sejenisnya (Xpressmusic yang lain). HP ini juga pas masuk di kantong.

Beratnya naik menjadi 88 gram dari 71 gram pada Nokia 5310. Tapi perbedaan berat ini tidak terlalu mengganggu penggunanya, dan kami tidak merasakan perbedaan yang berarti pada saat memegang kedua HP tersebut bersamaan.
Untuk melihat tampilan 360 derajat, silakan klik link ini 360 look

Desain dan konstruksi

Desain HP ini mengambil bentuk dasar seperti tipe 5310, minimal itu yang kami perhatikan. Plastik mengkilap pada HP ini terlihat jauh lebih baik dari pada tampilan buram tipe 5310.

Tambahan, pola titik-titik yang trendi di belakang dan indikator menyala di atas tombol musik membuat HP ini jauh lebih menarik, bahkan terlihat jelas bahwa HP ini untuk kawula muda.

Setengah bagian atas HP ini dihabiskan oleh layar 2 inch QVGA. Yang menawarkan kualitas gambar yang baik, dengan pencahayaan dan kontras yang pas. Layar yang bagus didukung oleh kepadatan pixel yang rapat dapat dibandingkan dengan HP lain yang bagus di pasaran.
 
Banyaknya pencahayan belakang dan kontras tidak bisa diatur. Di menu anda hanya dapat menyeting mode hemat energi. Sebuah screen saver beranimasi dapat dipasang pada layar dan dapat juga menampilkan jam dijital, tanggal hari ini dan ikon yang menandakan ada kejadian yang terlewatkan.

Semua ini terlihat jelas di bawah cahaya apapun. Tapi warna akan menjadi hilang jika berada di bawah sinar matahari langung.

Di atas layar hanya ada sebuah lubang keluarnya suara, dan tidak ada sensor cahaya sekitar.

Pada kiri panel ada cahaya di atas tombol-tombol musik, yang letaknya ada pada sisi kiri handset dan cahaya tersebut membantu untuk menemukan tombol-tombol musik jadi lebih mudah.

Di bawah layar ada D-pad dengan 4 tombol di kelilingnya yang biasa ada di HP seri S40. Termasuk adanya 2 tombol lunak dan juga tombol memulai dan tombol menutup panggilan telepon. Pinggiran D-pad dibuat lebih tebal, sehingga membuat mudah penggunaannya bahkan untuk orang dengan tangan yang besar.

Kita akhiri tur pada tampilan depan dengan membahas keypad. 12 tombol alfanumerik di HP ini pas dan nyaman saat digunakan. Tidak adanya jarak antar tombol dan susunan bertingkat perlu diperbaiki supaya lebih baik, tapi yang ada pun sudah bagus.
 
Di bagian atas HP ini ada lubang untuk charger, jack audio 3.5mm dan kabel data microUSB. Dari ketiganya hanya lubang microUSB yang dilindungi oleh tutup dari debu dan kotoran.

 
Sisi kanan HP menyediakan slot kartu microSD, dimana dapat mendukung memori hingga 16GB tanpa ada masalah. Butuh beberapa saat pada proses awal tapi setelah itu bagus dan cepat.
 
Masih di sisi kanan ada tombol volume suara, dimana ukurannya pas dan tidak ada masalah dalam penggunaannya.

Di sisi kiri selain ada tombol musik, ada lubang untuk tali pengikat HP ini. Tombol musik mempunyai bentuk yang sama seperti tombol volume – besar dan kokoh pada saat di tekan – tidak ada masalah.
 
Pada sisi bawahnya tidak ada kontrol apapun.

Camera 2 megapixel tanpa flash dan loud speaker memenuhi bagian belakang HP ini. Speaker berada di bagian bawah dengan titik-titik lubang berpenampilan menarik.

Seperti yang anda lihat di bagian review ini, lubang lensa berada di belakang panel sehingga menurunkan kualitas kontran dari gambar yang diambil camera. Kualitas gambar jadi lebih baik jika tutup belakang HP dilepas.
  
Di bawah tutup belakang ada batere Li-Ion 1020 mAh BL-5C. Sanggup mendukung waktu bicara sampai 6 jam, stand-by sampai 288 jam dan memainkan musik sampai 21 jam, dimana menempatkan HP ini pada posisi di antara tipe 5310 dan 5220 ExpressMusic.

Penggunaan sebenarnya sangat baik, dimana bisa sampai 3 hari dengan penggunaan yang intensif. Padahal waktu ini terlihat lebih tinggi daripada HP saingan lainnya secara umum. HP ini tidak punya fitur yang lapar listrik seperti Wi-Fi dan GPS yang akan cepat menghabiskan batere.
 
Kualitas pembuatan HP ini sangat bagus dengan plastic yang berkualitas tinggi. Walaupun review selama 1 minggu tidak bisa mendapatkan cerita lengkapnya, kami berani bertaruh HP ini dapat bertahan lama.
 

Antar muka S40 yang familiar (mudah dikenali)

Menu Utama HP ini cukup klasik dengan 4 tampilan yang berbeda: tampilan kisi-kisi (grid) dengan atau tanpa teks, tampilan daftar dan tampilan tab. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, pilihan kami tetap pada tampilan kisi-kisi 3x3 dengan teks di bawahnya. Jika anda mau lebih banyak ikon ada di layar, pilihlah tampilan kisi-kisi 4x3 tanpa teks.
   
Seperti biasa anda dapat mengakses menu melalui tombol keypad. Warna belakang dan wallpaper di layar menu dapat dengan mudah diganti dengan mengubah tema yang aktif. Menu merespon secara baik tanpa jeda waktu.

Tersedia 6 profil bunyi panggilan masuk pada HP ini. Harusnya sudah cukup untuk pemakaian pada situasi yang mungkin terjadi.

Sayangnya tidak ada mode pesawat (flight mode) untuk mematikan fungsi telepon dan hanya mengaktifkan mp3 player. Dengan tidak adanya fungsi ini di HP ini adalah hal yang aneh.

Hal lain yang aneh adalah hilangnya mode standby aktif, yang biasanya ada di S40 dan S60. Hasilnya HP ini hanya punya 4 tampilan layar menu, yang cukup membantu tapi tetap tidak bisa dibandingkan dengan fungsi standby aktif.

Lebih jauh lagi, HP S40 telah hilang daya tariknya seiring dengan tekanan dari competitor seperti Samsung, LG dan Sony Ericsson. Kompetitor itu menyediakan fitur antar muka yang cukup maju seperti Flash Lite based UI themes (tema antar muka berdasar flash), dial pintar (smart dialing), beralih di antara program Java dan melihat dokumen office, serta menggabungkan galeri gambar.

Yang terlihat sekarang S40 berada di bawah solusi yang disediakan kompetitornya. Nokia Maps untuk S40 hanya tersedia di beberapa HP keluaran terakhir, tapi tetap belum cukup.

Phonebooknya biasa saja

Phonebook HP ini dapat menyimpan hingga 2000 kontak. Banyak informasi yang dapat dimasukan ke setiap kontak, tapi hanya 6 ringtone yang dapat ditautkan pada setiap kontak, begitu juga  dengan gambar dan video.
  
Seperti HP S40 lainnya, ada 3 tampilan daftar kontak. Tampilan dafta nama saja, daftar nama dengan nomer dan nama dengan gambar. Dapat juga menampilkan kontak di memori SIM atau HP saja, ataupun keduanya.
  
Ukuran huruf juga bisa diubah sesuai kebutuhan, hal ini sangat dihargai. Pencarian dapat dilakukan dengan mengetik nama secara gradual. Dan bukan hanya itu, kontak juga dapat diatur dalam bentuk kelompok (grup) dan ini dapat digunakan pada saringan panggilan (call filter).

Aplikasi lainnya adalah panggilan dengan suara (voice dial) dimana tidak diperlukan rekaman sebelumnya.

Dilihat lebih dekat lagi, menu phonebook untuk menampilkan di perta (show on map) dihilangkan di HP ini, karena memang tidak ada Nokia Maps.

Telepon: bagus tapi tanpa dial pintar (smart dialing)

Seperti yang diduga, penerimaan sinyal dan kualitas panggilan memang bagus dengan HP ini. Suara panggilan keras dan jelas pada 2 sisi dan tidak ada masalah komunikasi. Kekuatan getarannya cukup.
HP ini juga menyediakan fitur teknologi untuk mengurangi gangguan berisik di belakang pada saat menelpon.

Jika anda berharap ada dial pintar, anda akan kecewa. HP ini tidak punya. Sudah waktunya Nokia menyediakan fitur ini karena competitor lain sudah melakukannya. Karena akan memudahkan untuk pengguna dengan mengurangi menekan tombol berlebihan.

HP ini mendapatkan ranking Bagus pada tes loud speaker. Seperti di tabel bawah, HP ini lebih keras daripada 5310, tapi lebih lunak daripada 5220. Secara subjektif, 5220 mempunyai suara yang lebih enak didengar. Anda dapat melihat hasil test di dalam tabel berikut ini.



Speakerphone testVoice, dBPink noise/ Music, dBRingingphone, dBOverall score
Apple iPhone 3G66.162.171.7Below average
Nokia 5310 XpressMusic64.862.075.9Average
Nokia 5130 XpressMusic74.966.671.3Good
Nokia 5220 XpressMusic73.768.575.7Good
Nokia 5320 XpressMusic74.366.678.3Very Good
Samsung M3200 Beat s76.178.384.7Excellent


Pencatat panggilan di HP ini menampilkan panggilan keluar, masuk dan yang terlewatkan secara terpisah dan digabungkan. Setiap bagian itu dapat menampung 20 catatan panggilan, dengan tanggal waktu dan lamanya.
   

Fungsi pesan yang bagus

Tidak ada yang berubah di bagian Pesan dan secara jujur fungsi ini berjalan sempurna. Di samping pesan teks, HP ini dapat menerima dan mengirimkan EMS, MMS, IMs dan email.

SMS dan MMS mengunakan editor yang sama dan untuk mengubah SMS menjadi MMS adalah hanya dengan memasukan gambar atau isi multimedia lainnya.
 
Semua yang ada di editor diatur dalam penataan yang praktis dan cepat. Sekali anda pernah memasukan nomer, 1 klik akan memindahkan anda ke bagian utama pesan dimana dapan mulai mengetik. Prosesnya berjalan tanpa menawarkan fitur kamus T9.

Sebuah foto, kontak, atau event di kalender dapat dikirim dengan MMS. Batas ukurannya untuk mengirim dan menerima adalah 600KB

Fitur email berkerja dengan sangat baik sesuai kebutuhan pengguna. Fitur ini dapat bekerja dengan protokol POP3, SMTP dan IMAP4, dan mendukung beberapa alamat email. Bahkan mendukung fitur Push email.

Membuat email sangatlah mudah – hanya masukan alamat email, dan jika anda menggunakan salah satu layanan email populer  (seperti Gmail), HP akan secara otomatis mengambil pengaturannya untuk anda.
 

Sudah waktunya untuk galeri baru!

Satu lagi perubahan yang tidak signifikan telah dilakukan pada Galeri di HP ini. Sayang sekali padahal kami tidak terlalu suka dengan galeri S40, alasan utamanya karena galeri ini berfungsi sebagai manager file juga.

HP ini punya internal memori 30MB, bisa ditambahkan dengan kartu memori microSD sampai 16GB, walaupun Nokia sendiri mengklaim hanya dapat bekerja kartu 2GB. Dalam box penjualan tersedia kartu 1GB.

Galeri S40 mempunyai 3 tampilan berbeda: bentuk daftar lengkap, daftar saja dan kisi-kisi (grid). Sekali tekan anda dapat melihat detailnya. Fungsi zoom tidak cepat (apalagi untuk file besar) dan tidak dapat melakukan zoom terlalu dekat, jadi tidak terlalu membantu.
  
Gambar dapat dilihat secara penuh di layar dan dapat dimodifikasi dengan aplikasi bawaannya. Ada beberapa pilihan untuk modifikasi, tapi anda tidak akan melakukannya dengan HP ini. Ada juga fungsi tampilan slide.
  
Kita berharap di masa depan manager file dan galeri adalah aplikasi yang terpisah

Aplikasi XpressMusic yang biasa

Pastinya, pemutar musik adalah aplikasi yang paling penting di HP ini, jadi agak bertanya-tanya Nokia telah banyak mengeluarkan upaya untuk pembuatannya. Bukan mereka tidak membuat perbaikan besar pada fungsinya, tapi tampilan barunya sangat bagus dan serasi dengan desain HP secara keseluruhan.
   
Tombol musik berpengaruh sekali terhadap HP ini. Mereka berfungsi mengontrol pemutar musik dan radio FM sekaligus, fungsi yang bekerja tergantung pada pemakaian terakhir. Seperti telah disebutkan, lampu tombol ini akan mengejap (blink) mengikuti irama musik. Ini adalah fitur yang pernah kita lihat pada 5220.
  
Radio FM degan RDS
Jika anda bosan dengan musik, anda dapat mencoba radio FM di HP ini. Antar mukanya berbagi dengan pemutar suara dan dapat diganti kulitnya dengan tema yang sama dengan pemutar musik. Radio ini mendukung RDS juga.

Tidak seperti 5310, radio FM di HP ini tidak punya visual radio, sebuah fitur dimana radio dapat menampilkan gambar dari isi suara yang disiarkan oleh stasiun radio yang mendukung visual radio.
  


Pemutar Video

Pemutar video di HP ini bisa memutar format 3GP dan MPEG4. Video dapat dimainkan secara penuh di layar, dan ada fungsi mempercepat dan memperlambat. Kemungkinan untuk menghilangkan lambah tombol pemutar akan memperbaiki tampilan pada mode layar penuh. Tapi tetap saja, layar 2 inchi tidak cukup untuk menikmati video sesungguhnya.
 

Kualitas suara terbaik pada Nokia

HP ini telah membuat kami terkesima pada saat dites kualitas keluaran suaranya. Di bawah tutupnya ada jiwa musisi beneran, dan yang terbaik di keluarganya.

Setiap bagian kualitas suara dari HP ini sangah bagus, mudah bersaing dengan pemutar musik lain.

Seperti terlihat di tabel bawah, nilainya sangat berbeda dengan Apple iPod Touch 2G dan kita tahu itu artinya apa.

Respon frekuensi yang dihasilkan sangat bagus, tetap pada 0.16 pada garis yang sempurnya. Distorsi yang ada tetap di bawah batas, dan crosstalk stereonya juga bagus. Tingkat noise dan pembacaan secara dinamiknya sangat bagus.


TestFrequency responseNoise levelDynamic rangeTHDIMD + NoiseStereo crosstalk
Nokia 5130 XpressMusic+0.04, -0.16-89.989.00.00330.014-83.6
Nokia 5310 XpressMusic+0.29, -1.69-94.492.00.0150.491-73.8
Nokia 5220 XpressMusic+0.29, -1.64-91.790.30.0120.612-73.1
Nokia N85+0.28, -1.19-94.495.40.3050.701-88.1
Nokia N96+0.52, -2.14-90.690.70.0160.364-73.5
Nokia 5800 XpressMusic+0.09, -0.77-92.292.10.0130.297-75.0
Apple iPod Touch 2G+0.04, -0.05-91.491.50.00270.012-90.0
Sony Ericsson K770+0.21, -1.04-85.788.80.0140.030-84.8


Kamera 2MP untuk menaruh wajah anda di facebook

HP ini dilengkapi dengan kamera 2 megapixel dengan resolusi gambar 1600x1200 pixel. Tidak ada flash dan auto focus, tapi sudah bisa diduga sebelumnya.

Kameranya lebih merupakan fitur tambahan pada HP ini sebagai HP musik.

Seperti lainnya, seting kameranya cukup terbatas dan tetap masuk akal untuk pengambilan. Ada white balance, 23 level kualitas dan beberapa efek gambar. Pengambilan gambar dapat dilakukan pada posisi tegak dan datar.
   
Ada beberapa hal yang mengecewakan pada kamera – tidak ada tutup untuk melindungi lensa, tidak ada flash untuk foto di malam hari, dan fokus tetap akan merusak pengambilan close-up.

Tidak adanya tombol khusus untuk pengambilan gambar adalah salah satu kekurangan. Kenyataanya cukup sulit menggunakan tombol pada D-pad untuk tujuan ini, khususnya saat mengambil foto dengan posisi datar.

Kualitas gambar bukan yang terbaik karena adanya noise yang tinggi dan bekas proses penajaman, akan tetapi hasilnya masih lebih baik daripada kamera 2MP keluaran Nokia setahun lalu.
  


Terdapat Bluetooth stereo, tapi tidak 3G

Koneksi yang disediakan berada di tingkat harga yang dibayar. HP ini mendukung GPRS dan EDGE untuk kebutuhan koneksi data tanpa kabel.

Bluetooh 2.0 tersedia untuk koneksi jarak dekat tanpa kabel. Ada dukungan A2DP juga, sehingga anda dapat mendengarkan musik dengan headset Bluetooth.

Slot kartu memori microSD tersedia, yang menjadi cara paling nyaman dalam membagi file. Posisinya tidak di bawah batere jadi tidak ada masalah saat melakukan penukarannya.

Opera Mini untuk Internet


Opera Mini adalah browser utama dan satu-satunya yang telah terinstal di HP ini. Pengalaman internet cukup nyaman dan terima kasih kepada kompresi gambar yang membuat tagihan data lebih rendah.

Bagaimanapun, pengalaman internet akan jauh lebih baik pada layar yang besar.
   


Organizer khas Nokia

Kalender tidak memberikan sesuatu yang baru, dan memang tidak dibutuhkan juga. Tampilan per bulan, minggu dan hari tersedia. Awal minggu dapat ditentukan pada Senin, Ahad ataupun Sabtu. Ada 5 tipe event: pengingat, pertemuan, panggilan, ulang tahun dan memo. Juda setiap tipe itu punya field sendiri seperti waktu awal dan akhir, tipe peringatan dengan bermacam-macam jeda waktu seperti harian, mingguan, bulanan dan tahunan.
   
Ada juga rencana pekerjaan (to-do manager) yang membantu untuk mengurutkan berdasarkan 3 prioritas. Pekerjaan dapat diberi peringatan, juga status. Semuanya dapat dengan mudah disinkronkan dengan aplikasi kalender di komputer. Catatan teks juda tersedia, dapat menyimpan sampai 3000 karakter.
 
Jam alaram dapat dibuat berulang, dapat dinon-aktifkan pada hari tertentu, dan bahkan masih bekerja pada saat HP mati. Anda dapat juga mengatur beda jeda peringatan jika ada mau.

Fungsi organizer lain adalah perekam suara sampai 60 menit, stopwatch, pengukur waktu mundur dan kalkulator. Semuanya terlihat bagus dan mudah digunakan.

Aplikasi Java

HP ini datang dengan beberapa aplikasi yang sudah diinstal. Satu hal yang kurang adalah viewer untuk dokumen office, padahal ini dapat ditemukan di HP menengah keluaran Samsung dan LG saat ini. Nokia seharusnya mulai menambah semacam pembaca dokumen jika masih ingin di jalan yang sama dengan kompetitornya.

Aplikasi pencari memberi akses cepat ke Yahoo!search. Setelah pengaturan Negara atau daerah , anda dapat mencari gambar dan info lainnya.

Aplikasi sensor Nokia berdasarkan Bluetooth untuk mendeteksi peralatan lain dalam jangkauannya dan berbagi informasi.
  
Aplikasi lainnya adalah jam dunia untuk mengetahui jam di zona lain dengan beberapa pencetan.

Ada juga fungsi berbagi di Ovi, dimana akhir-akhir ini biasanya selalu ada di HP Nokia.
Maaf tema, Nokia Maps tidak ada di HP ini.

Waktunya bermain

Paket permainan yang tersedia ada 3 seperti Snake III, Rally 3D dan Bounce Tales.
   


Kata akhir

Nokia 5130 XpressMusic ini adalah HP kecil dan murah, tapi punya kemampuan lebih dari yang dibayarkan. Kualitas suara yang bagus dan gaya yang lebih harusnya lebih dari cukup untuk uang anda.

============================
Diterjemahkan dari sumber: GSMArena
============================
Info lain: Harga pada Feb 2010 di Jakarta adalah Rp. 1 juta.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles