Jumat, 23 April 2010

Billing Info PLN: Tagihan Listrik Online

Karena kesibukan kita sehari-hari, sering kali kita tidak sempat lagi membayar tagihan listrik rumah kita di loket pembayaran listrik yang disediakan PLN. Bahkan, kita juga tidak tahu berapa kita harus membayar besar tagihan listrik yang harus dibayarkan ataupun yang telah dibayarkan sebelumnya.
PLN ternyata telah menyediakan sebuah halaman web untuk pelanggannya agar dapat melihat besar tagihan listrik setiap bulannya. Untuk melakukannya silakan klik di alamat URL berikut ini

Untuk dapat masuk (login) ke dalam web ini, anda diharuskan mengetik no identitas pelanggan PLN milik anda pada kotak yang telah disediakan. Lalu ketik pula kode yang ada di halaman tersebut. Terakhir klik tombol Login.

Setelah masuk, anda langsung dihadapkan pada besar tagihan PLN di bulan berjalan. Halaman ini adalah mode tampilan Tagihan Bulan Tertentu. Anda dapat mengganti-ganti pilihan bulan atau tahun yang ada di sebelah atas untuk mengetahui besar tagihan bulan atau tahun yang lain.
Anda juga dapat menggunakan menu di sebelah kiri web ini untuk mengganti ke mode pencarian Tagihan Jangka Waktu, dimana anda akan ditanya jangkauan waktu yang ingin dilihat.

Setelah anda masukan jangkauan waktu yang diinginkan, anda akan mendapatkan tampilan seperti ini. Di halaman ini anda akan diperlihatkan tagihan anda selama jangkauan waktu dalam bentuk tabel dan grafik. Bahkan, ada sedikit hitungan statistik seperti tagihan maksimum, minimum dan rata-rata.

Kelebihan:
  • ·    Web ini sangat simple jadi sangat mudah digunakan
  • ·    Selain dapat melihat tagihan bulan berjalan, kita dapat juga lihat history berapa saja tagihan listrik kita dari bulan ke bulan.
  • ·     Ternyata ada fitur email alert-nya lho, saya baru sadar setelah mendapatkan emailnya hari ini (8 mar 2010)… dimana kita akan dikirimi email yang berisi detail dari tagihan bulan berjalan.
Kekurangan
  • ·    Karena simpel, informasi yg dapat ditampilkan hanya sebatas pada total tagihan, tidak ada rincian abodemen ataupun pemakaian yg ada.
  • ·    Tidak terintegrasi dengan sistem billing, dimana tidak dapat dicek apakah tagihan tersebut sudah dibayar atau tidak.
Silakan mencoba…. (day@rh)

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles