Sabtu, 24 April 2010

Samsung S3650 Corby: Corby dengan Layar Sentuh

Samsung S3650 Corby adalah tipe HP yang cerdas dan segar, begitu juga dengan target penggunanya. HP layar sentuh tingkat pemula (entry level) ini akan memenuhi rasa suka dan bajet dari pengguna. HP ini ditargetkan untuk anak muda yang melek teknologi, aktif di jejaring sosial, dan mereka yang ingin punya gaya sendiri.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

HP ini mempunyai penampilan yang segar, bentuk yang unik dan warna yang berani. Tidak akan pas untuk orang dewasa, kecuali yang trendi. Warna terang dari tutup belakang yang dapat diganti-ganti dan layar sentuh tipe capacitive adalah nilai jual yang bagus. Adanya tambahan tutup belakang membuat personalisasi HP ini masih kuat.

Hal lainnya, HP ini menyediakan integrasi Facebook, MySpace dan Twitter, dan berbagi foto atau video dapat diunggah (upload) langsung ke Youtube, Flickr, Picasa dan Photobucket. Anda juga dapat memperbarui status di jejaring sosial dan menerima perubahan status teman melalui fitur notifikasi. Semua ini ada di layar sentuh 2,8 inci di HP ini.

Fitur Utama

  • 4-band GSM/EDGE
  • Layar sentuh tipe capacitive TFT, 2.8 inci, resolusi QVGA
  • Memori internal: 90 MB, ekternal: microSD card (sampai 8GB)
  • Camera 2 megapixel dengan pendeteksi senyuman, perekam video QVGA@15fps
  • Radio FM dengan RDS
  • Antar muka dengan TouchWiz dan kartun
  • Integrasi jejaring social dengan fitur unggah (upload) langsung
  • Bluetooth 2.1 dengan A2DP, USB v.2.0
  • Pengintip (viewer) dokumen Office
  • Smart unlock
  • Penutup belakang yang dapat diganti-ganti
  • Harga yang terjangkau untuk HP layar sentuh

Kekurangan

  • Tidak ada 3G dan Wi-Fi
  • Kamera tidak punya autofocus dan flash
  • Tidak sensor gerak untuk rotasi layar
  • Tidak ada keyboard QWERTY di layar
  • Lubang port koneksi standar Samsung
  • Tidak ada fitu dial pintar
  • Slot microSD berada di bawah tutup batere
Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Walaupun harga HP ini terjangkau, HP ini memiliki fitur teknologi yang ada di HP mahal seperti Samsung Jet, seperti fitur zoom dengan jari, ada smart unlock, bekerja dengan antar muka TouchWiz dengan widget dan aplikasi browser bawaan Samsung

The all-plastic Samsung S3650 Corby measures 103 x 56.5 x 12 mm and weighs 92 grams. It looks even slimmer than its 12 mm girth because of the distinct diagonal contour.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

HP ini mempunya ukuran 103 x 56.5 x 12 mm dan berat 92 gram. Untuk dapat melihat HP ini dalam tampilan 360 derajat, silakan klik di sini.



Desain dan Konstruksi

Material plastik jelas mengurangi berat HP ini jadi hanya 92 gram. Permukaannya yang mengkilap dapat meninggalkan bekas jari di atasnya, tapi tidak mudah muncul goresan karena gesekan dengan benda lain. Bentuknya yang oval memudahkan untuk dipegang.

Layarnya berukuran 2,8 inci, resolusi 240x320 pixel, seperti HP Samsung lainnya. Kualitas gambarnya biasa saja. HP ini mempunyai layar sentuh tipe capacitive, dimana sentuhan sedikit saja dapat diterima oleh layar ini. Di bawah sinar matahari, kualitas gambarnya berada di bawah iPhone ataupun Nokia. Sedangkan di dalam ruangan, kualitas gambarnya cukup bagus yang memang sudah seharusnya.

Di atas layar, ada lubang earphone, tidak ada sensor cahaya sekitar untuk mengatur keterangan layar. Di bawah layar, ada 3 tombol utama, 2 tombol di setiap sisinya.

Sisi kanan HP ini ada tombol camera dan pengunci, dan ada slot kartu microSD tapi berada di bawah batere. Sedang di sisi kiri, di atas ada lubang untuk tali gantungan, tombol pengatur volume suara di tengah dan satu lubang untuk charger, kabel data dan earphone sekaligus. Di sisi atas dan bawah tidak ada apa-apa, kecuali sedikit jarak untuk membuka tutup belakang.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Di bagian belakang, terdapat kamera dan lubang untuk loud speaker. Jika tutup belakang dibuka terdapat batere 960 mAh Li-Ion, dimana batere dapat bertahan 3 – 4 hari dengan penggunaan biasa. Di bawah batere ada slot untuk SIM card.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Secara keseluruhan HP ini adalah HP layar sentuh yang menyenangkan. Bukan yang paling langsing, tapi desainnya cukup ergonomic.
Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

TouchWiz terkecil

Antar muka TouchWiz yang penuh warna dan menyenagkan, terasa pas dan mudah digunakan. HP ini menyediakan 3 layar Utama yang dapat diganti dengan sentuhan menyapu kesamping (sideways sweeps). Layar yang dipilih dapat terindikasi oleh 3 titik kecil di bagian bawah layar.

Anda dapat menaruh sebanyak mungkin widget, seperti kalender, jam dunia, galeri gambar, pemutar mp3, radio dan lain-lain. Biasanya widget disimpan di dalam penampung (tray), dimana anda dapat menarik keluar dan mengembalikannya lagi dengan panah kecil di sisinya.

Widget dapat dipilih dengan menariknya keluar ke layar dan ditaruh di mana saja. Dan dapat dikembalikan dengan cara yang sama juga. Untuk mengatur posisi widget-widget di layar supaya teratur dapat dilakukan dengan mengguncangkan HPnya.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby

HP ini mempunyai tampilan layar depan seperti HP Samsung lainnya (mirip Samsung Jet). Ada 3 menu tab utama di bawahnya dan ada juga efek animasi pada saat pergantian tampilan menu utama. Menu utama mempunyai susunan ikon 3x4 tapi sub-menu tampil berbentuk daftar. Menu utama dapat diganti-ganti dengan melakukan sentuhan sapuan kesamping. Struktur menu ini seperti punya iPhone, dimana hampir semua fungsi/fitur ada di menu utama.

HP ini mendukung multitasking, artinya apikasi java dapat jalan di belakang. Tapi sayangnya, tidak ada tombol untuk berpindah dari satu aplikasi ke lainnya, ini membuat fitur multitasking tidak terlalu berguna. HP ini juga dilengkapi dengan smart unlock (cara bukan kunci pintar), yang sebelumnya dikenal sebagai kunci gerakan (gesture lock). Pengguna dapat membuka kuncil dan langsung membuka sebuah menu, aplikasi, dial kontak dengan hanya menggambar sebuah karakter.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Setiap huruf A-Z dapat diset sebagai gerakan untuk melakukan berbagai hal. Contohnya, anda dapat menggunakannya untuk membuka aplikasi seperti pemutar musik, menu pesan, internet, aplikasi java atau dial kontak.
Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Daftar kontak yang standar

Daftar kontak di HP ini mempunyai semuanya. Kapasitas sampai dengan 2000 kontak. Dapat menampilkan nama dari kartu SIM, memori telepon atau keduanya. Fungsi mencari dapat dilakukan dengan mengetik sebagian saja. Di satu kontak, kita dapat menyimpan sampai 5 nomer, 4 email, URL dll dan dapat dihubungkan dengan dengan ringtone, gambar dan bahkan video.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Fitur menelpon yang bagus

HP ini sangat bagus dalam tugasnya membuat panggilan, kami tidak mengalami sambungan putus pada saat menggunakan. Untuk mendial tersedia tombol virtual, dapat untuk membuat panggilan suara, mengirim pesan atau menambahkan sebuah kontak. Tersedia tombol panggilan, tapi sayangnya tidak mendukung dial pintar (smart dial).

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Selain dial dengan cara biasa, ada cara lain yang lebih keren untuk mendial, yaitu dengan menggunakan kontak foto. Sentuhan pada sebuah foto akan menampilkan menu pilihan untuk memulai panggilan atau mengirim pesan. Kontak foto ini telah diperbaiki untuk dapat menyimpan kontak dengan foto yang sering digunakan. Fitur untuk men-tag foto sudah tidak ada lagi. Ini lebih masuk akal, karena otomatis dan selama anda menghubungkan gambar ke kontak, maka akan aman.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Kemampuan loud speakernya bagus. Silakan lihat di tabel perbandingan berikut ini.





Speakerphone testVoice, dBPink noise/Music, dBRingingphone, dBOverall score
Apple iPhone 3G66.162.171.7Below Average
Nokia 5800 XpressMusic75.766.568.5Good
Samsung S8300 UltraTOUCH70.166.775.8Good
Samsung S3650 Corby75.772.077.1Very Good
LG KP500 Cookie78.175.782.7Excellent
Samsung S5230 Star77.175.782.0Excellent

Seperti yang diharapkan HP ini mendukung semua tipe pesan, seperti SMS, MMS dan email. Ada fungsi T9, tapi tidak ada keyboard QWERTY mendatar, mungkin karena layarnya yang kecil.

Fitur pesan bagus

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Ada fitur email, tapi tidak dapat mengambil seting Gmail secara otomatis, jadi harus dimasukan manual. Lampiran email hanya bisa sampai 5MB, ini sudah cukup. Jika anda menerima lampiran dokumen office, anda dapat langsung melihatnya di HP ini.

Jejaring sosial on the go

Seperti yang dijanjikan produsennya, HP ini datang denga integrasi jejaring social di tampilan mukanya, ke MySpace, Facebook dan Twitter. Pada MySpace, anda dapat melihat pesan, ngobrol dan menambah teman. Dengan Facebook, dapat melihat pesan, menambah teman dan menepuk teman. Pada Twitter hanya ada 2 tombol virtual, teman dan pengikut. Tombol pengatur untuk pilihan auto-refresh dan menambahkan foto.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Seperti yang terlihat, tidak semua di fitur jejaring sosial ada di sini, tapi hanya fungsi dasarnya saja sudah cukup. Fitur jejaring social ini menawarkan lebih, seperti sambungan (link) ke Facebook, Picasa dan Flickr dimana dapat mengunggah langsung dari manager file. Bahkan anda dapat menyimpan detail login, jadi tidak perlu memsukanya berulang kali.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Tidak ada integrasi daftar kontak untuk jejaring social seperti yang ada di HTC Sence UI atau MotoBLUR UI. Tapi tetap bisa melakukan obrolan, merubah status, nge-twit, unggah foto dan membaca tulisan teman.

Mencari file cepat

HP ini dapat melihat isi memori internal, eksternal atau keduanya bersamaan. Ada folder berbeda untuk tipe file tertentu (gambar, video, suara). Tapi anda tidak diharuskan mengikuti struktur ini, anda dapat menyimpas file tipe apa saja dimana saja dan HP ini akan mudah mencarinya.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Anda dapat melakukan kopi atau memindahkan file, satu-satu atau banyak sekaligus. Dapat juga membuat folder baru atau menghapusnya. File dapat juga dikirimkan dengan Bluetooth.

Pembacaan memori ekternal juga cepat dan tidak terasa ada gangguan, begitu juga saat menampilkan thumbnail. Kecepatan pembacaan pertama memori sangat cepat, tidak tergantung kapasitas, hanya butuh 10-15 detik. HP ini dapat bekerja baik dengan kartu memori microSD 16GB yang diisi ribuan file di dalamnya. Akan tetapi kecepatannya akan berkurang seiring dengan menambah isinya.

Galerinya standar, tapi berkerja dengan baik

Terdapat hanya 1 galeri di HP ini dimana mengambil fungsi dari manager file, tapi dengan kualitas yang eye-catching Sekali anda melihat gambar, dengan sentuhan geser sudah dapat melihat gambar berikutnya tanpa kembali ke daftar. Mencari gambar sangat cepat, ini berkat fungsi layar capacitive yang digunakannya.

Nge-zoom jadi sangat mudah, dengan sekali sentuhan yang ditahan kira-kira 3 detik. Dari situ, gerakan sentuhan ke atas akan memperbesar gambar, sedang ke bawah mengecilkannya. Ada cara zoom yang lain, yaitu dengan palang geser di sisi kanan. Melihat gambar dengan mode mendatar juga tersedia, tapi tidak ada sensor posisi otomatis, jadi manual.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Pemutar musik dan radio FM

Pemutar musik sama seperti di Samsung Jet dan Star. Dapat menyaring lagu berdasarkan artis, album dan alirannya. Playlist otomatis seperti yang baru ditambahkan dan yang paling sering dimainkan juga ada. Anda dapat membuat playlist sendiri. Aplikasi musik ini dapat dikecilkan agar bekerja di belakang.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Ada tombol khusus untuk pemutar musik di layar depan. Anda dapat memainkan, memberhentikan bahkan mengganti lagi langsung di tempat yang sama. Equaliser menyediakan pop, jazz, klasik dll dan juga ada 3 pilihan tambahan: widening, dynamic dan efek surround.

Terakhir, pemutar musik ini menyediakan fungsi percepatan (fast forward) dan mundur (rewind), sehingga dapat menggantikan pemutar MP3 anda.

HP ini mempunyai radio FM dengan RDS, yang menawarkan fungsi kontrol intuitif dan pencarian musik, seperti TrackID di Sony Ericsson. Untuk menggunakan radio, selain lewat menu juga tersedia widget di layar depan. Anda juga dapat menyimpan stasiun radio, tapi hanya dapat dinamakan dengan frekwensinya.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Pemutar video cukup bagus

Pemutar video mempunyai antar muka yang simpel, tidak banyak fitur hanya fitur-fitur standar saja. Aplikasi ini mendukung format MP4 tapi hanya yang berresolusi QVGA, tidak VGA.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Kualitas suara seperti yang diharapkan

Keluaran suara HP ini sangat menyenangkan, hanya kurang 1 hal, yaitu stereo crosstalk nya cukup jelek. Tapi sepertinya ini masalah mekanikal, dan ada di unit yang dirilis di awal, tapi versi terkahirnya pasti sudah diperbaiki.Tingkat kegaduhan (noise) dan pembacaan range dinamik sangat bagus. Distorsi yang ada masih di bawah control, dan respon frekuensinya juga cukup bagus.

Berikut ini tabel dan grafik hasil tes dan perbandingan.

TestFrequency responseNoise levelDynamic rangeTHDIMD + NoiseStereo crosstalk
Samsung S3650 Corby+0.17, -2.15-85.985.90.0100.173-53.7
Nokia 5530 XpressMusic+0.11, -0.84-90.990.80.0100.454-90.6
Nokia 5800 XpressMusic+0.09, -0.77-92.292.10.0130.297-75.0
Samsung S5230 Star+1.02, -2.41-88.087.80.00450.222-82.3
LG KP500 Cookie+0.13, -0.32-87.581.90.1250.150-63.0
Apple iPhone 3GS+0.01, -0.05-92.192.10.00350.011-95.0






Samsung S3650 Corby vs Nokia 5530 XpressMusic frequency response 

Kamera 2 megapixel

HP ini dilengkapi dengan kamera 2MP fokus tetap dapat menghasilkan gambar berresolusi 1500x1200 pixel. Camera tidak mempunyai auto fokus, tapi punya Smile shot. Dimana kamera akan membuat bingkai muka dan pada saat target tersenyum, kamera langsung mengambil gambar secara otomatis.

Antar muka kamera dengan layar sentuh sangat bagus dan merupakan salah satu yang oaling enak digunakan.

Samsung S3650 CorbySamsung S3650 CorbySamsung S3650 CorbySamsung S3650 Corby 

Hal jepretan tidak spekular tapi cukup bagus untuk kamera 2MP, di bawah iPhone 3G. Penghapusan noise terlalu agresif pada suatu saat, tapi cukup bagus dan bisa diterima.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 
Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 


Bagian paling parah adalah masalah lensa yang menghasilkan kelembutan di sebelah kanan foto. Tapi sepertinya ini terjadi di unit ini saja, bukan masalah secara umum. Apalagi yang kami gunakan adalah contoh rilis awal, jadi kami yakin sudah diperbaiki.

Perekam video

The video recording capabilities of the Samsung S3650 Corby are very poor - it maxes out at QVGA@15fps. Hardly any usable videos can be produced with those specs but the consolation is that the competing LG Cookie doesn't offer anything better either.

Kemampuan rekam video HP ini tidak terlalu bagus, hanya dapat resolusi QVGA pada 15fps. Cukup sulit untuk menghasilkan video dengan kemampuan seperti ini. LG Cookie juga tidak menawarkan yang lebih baik dari ini.

Anda dapat melihat contoh hasil rekaman video di sini

Koneksi yang sederhana

HP ini hanya mendukung EDGE, tidak 3G dan tidak ada Wi-Fi juga. Tapi ada Bluetooth yang mendukung A2DP.

Tidak seperti HP Samsung lainnya yang dilengkapi dengan port microUSB, HP ini dilengkapi dengan port standar Samsung. Dengan kabel data, anda dapat menggunakan HP ini dengan mode penyimpanan atau PC suite (media player).

Pada mode penyimpanan, ada akses ke memori eksternal saja, tidak memori internal. Dan tidak dapat menelpon pada saat ini.

Web browser sangat bagus

HP ini seperti Samsung Jet, dilengkapi dengan WebKit baru di atas Dolfin browser, yang merupakan aplikasi brew. Dengan dukungan penuh flash dan satu jari fungsi zoom, ini adalah salah satu web browser yang paling bagus yang pernah dilihat.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Dengan dukungan flash dan java, browser menawarkan fitur scroll kinetis dan tampilan layar penuh. Anda dapat turun-naik dengan hanya setuhan geser di atasnya. Tapi hasilnya putus-putus, mungkin ini satu-satunya kekurangan browser ini. Dengan flash, anda dapat berinternetan di Youtube.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Organizer dan aplikasi

HP ini mempunyai beberapa aplikasi manajemen waktu yang berguna, seperti calendar dengan 3 tampilan: harian, mingguan dan bulanan. Tapi hanya ada satu tipe event di kalender ini, dapat mengatur waktu awal dan akhir suatu kejadian dan mengatur alaram yang berfungsi sebagai pengingat. Alaram sendiri dapat dibuat sampai 10 buah, dan dapat dilengkapi dengan ringtone, volume, pengulangan dan nama.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

The calculator of the Samsung S3650 is very basic. Among the other organizer offerings are a voice recorder, a world time application and a unit converter. The voice recorder limit is set to 60 minutes. A countdown timer and a stopwatch also come in useful.

Aplikasi lain yang ada: kalkulator yang sederhana, perekam suara, jam dunia, konversi unit, stopwatch dan penghitung mundur. Perekam suara dapat merekam sampai 60 menit.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Ada juga fitur daftar to-do, aplikasi memo untuk merencanakan kerja dan pencatat. Keduanya tersedia sebagai widget di layar depan.

Terakhir, tersedia viewer dokumen office yang mendukung word, excel, power point dan PDF. Dimana cukup depat pada saat menampilkan sebuah dokumen.

Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby Samsung S3650 Corby 

Hanya ada permainan percobaan

Seperti biasa, HP ini hanya menyediakan permainan percobaan (trial game) saja, seperti Asphalt 4, Brain Challenge, Diamond, Pyramid, Crazy Penguin Catapult dan Monopoly.

Kesimpulan

Tidak ada yang unik di HP ini tapi anda harus mencobanya. Paketnya yang rapih terlihat bagus bagi yang berniat memilikinya. HP ini memang bagus untuk tingkat pemula. Dan HP ini memang ditargetkan ke segment tertentu, dan dapat menyakinkan target audience yang akan menggunakannya.

HP ini cukup simple, terjangkau dan layar sentunya yang menarik dengan fitur yang sangat focus untuk segmennya. Didesain kecil, untuk menyelaraskan dengan kebutuhan sosial anak muda dan trendi. Casing dan gayanya juga sangat mendukung. Kamera, pemutar MP3, layar sentuh capacitive, antar muka yang rapih dan desain yang kuat sangat cukup untuk menutup tawaran.



Disadur dari sumber: GSMArena

2 komentar:

evdo mengatakan...

bagus
kapan-kapan nyoba ah..
hihihihihii

day@rh mengatakan...

sip deh... kalo bisa kasih testimoninya di sini om...
sorry telat bgt replynya..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles