Senin, 17 Mei 2010

Sony Ericsson Xperia X10 Mini: Versi Mungil Yang Tetap Hebat

Sony Ericsson Xperia X10 mini adalah versi mungil dari Sony Ericsson Xperia X10 yang bertubuh besar. Tidak seperti apa yang dilakukan Nokia pada N97 mini, Sony Ericsson di sini melakukan perubahan yang ekstrim, yang akhirnya menjadikan X10 mini ponsel terkecil di jajarannya.

Fitur Utama

  • GSM 4 Band (850/900/1800/1900 Mhz)
  • Dukungan EDGE/UMTS/HSDPA 7.2 Mbit/s/HSUPA 2.0 Mbit/s
  • Dimensi 3.27 x 1.97 x 0.63 inci (83 x 50 x 16 mm), berat 88 gram
  • Waktu bicara 4 jam, waktu standby 285 jam
  • Ukuran layar 2.55 inci resolusi 240x320 piksel, 16 juta warna TFT, 
  • Layar sentuh tipe kapasitif 
  • Kamera 5 mega piksel
  • Ada Radio FM (XPERIA X10 tidak ada)
  • Format video MPEG4
  • Format musik MP3, AAC, AAC+, WMA, WAV, Music recognition
  • Memori internal 128 MB
  • Memori eksternal slot microSD/SDHC
  • OS Android v1.6
  • Processor Qualcomm MSM7227, 600 MHz
  • Koneksi: microUSB, Wi-Fi, Bluetooth stereo, lubang jack audio 3.5mm dan A-GPS
  • Email: IMAP/POP3/SMTP/Microsoft Exchange
  • Dukungan aplikasi Java

Ponsel ini tetap membawa sentuhan manusianya, dengan koating lembut di belakang membuatnya nyaman pada saat dipegang.


Perbandingan ukuran ponsel ini jika dibandingkan dengan baterai AA, X10 mini pro dan HTC Tattoo seperti terlihat di gambar berikut.


Kamu dapat lihat layarnya yang kecil berukuran 2.55 inci dengan resolusi QVGA. Kualitas gambarnya bagus, dengan layar sentuh kapasitiv menjadikannya sangat menyenangkan. Dalam hal software, kita akan lihat nanti bagaimana produsen ini memasukannya ke layar yang kecil ini.

Semua tombol di ponsel ini terasa enak, dan nyaman saat ditekan. Di belakang terdapat kamera 5 mega piksel (turun dari 8 MP di X10) dilengkapi autofokus dan lampu kilat LED, dan loud speaker.

Koneksi yang disediakan di ponsel ini adalah colokan untuk kabel microUSB standar dan jack audio 3.5mm.


Secara keseluruhan ponsel ini merupakan ponsel pintar yang manis. Walaupun tidak diperkenalkan sebagai ponsel gaya, tapi ponsel ini punya penampilan sendiri untuk menarik perhatian pengguna. Karena ukurannya yang kecil, akan sedikit tidak nyaman untuk orang bertangan besar, tapi kami tidak mengkategorikannya sebagai ponsel perempuan.


Antar Muka dan Fungsinya

Mungkin kamu ingat bahwa Sony Ericsson mendesain sendiri antar muka Android-nya di XPERIA X10, hal ini juga diterapkan di ponsel ini dengan perubahan agar mudah digunakan pada layar kecil.

Idenya adalah menyediakan pengalaman yang lebih baik dengan mengakali tampilan Android, menambahkan integrasi jejaring sosial dan layanan online lainnya melalui aplikasi Timescape dan Mediascape. Mediascape tidak lagi ada di ponsel ini, tetapi Timescape masih dipertahankan. Timescape menampilkan semua informasi terakhir dari Facebook, Twitter, pesan masuk dan panggilan tidak terjawab. Tentu saja kamu dapat membuat filter untuk hal yang kamu ingin lihat saja.

Karena ukuran layarnya kecil, satu halaman hanya dapat menampilkan 1 widget. Hal ini sama sekali tidak menyusahkan, karena total hanya ada 5 widget. Timescape ada di sini sebagai sebuah widget, yang membuat berhubungan sosial hanya tinggal disentuh saja. Tambahan, ada 4 shortcuts untuk aplikasi di setiap pojok dari layar utama, yang dapat kamu ganti-ganti.


Pada Timescape, kamu dapat menghubungkan profile online dengan kontak di ponsel. Yang membuat kamu dapat melihat status facebook dari sebuah kontak di ponsel.


Kamera 5 Mega Piksel

Antar muka kameranya dibuat bagus dan personal, tidak banyak menu pilihan di dalamnya. Kamu dapat mengaktifkan lampu kilat dan mematikannya, dapat mengubah mode pengambilan, berpindah ke galeri secara cepat... sudah itu saja.

Video dapat direkam dalam resolusi 640x480 piksel pada 30fps, jadi cukup halus hasilnya. Kami dapat katakan kameranya punya potensi yang bagus.

Jika ingin melihat hasil rekaman video dengan ponsel ini, silakan klik di sini.

Pemutar Musik


Ponsel ini mempunyai loud speaker yang menghasilkan suara sangat bagus. Salah satu yang terbaik yang pernah kami dengar. Suaranya tidak terlalu keras, tapi lebih dalam dari pada suara yang dihasilkan ponsel lainnya, tanpa ada suara berisik yang mengganggu. Kami benar-benar suka.


Browser

Seperti aplikasi lainnya, browser internetnya bekerja sangat mulus. Layar denga resolusi QVGA dan ukuran yang kecil tentunya kurang sempurna untuk internet, tapi minimal loading, zoom, dan scrolling halamannya cepat. Kamu dapat mengandalkan koneksi 3g (HSDPA 7.2Mbps) dan Wi-Fi 802.11b/g.

Sayangnya tidak ada zoom dengan sentuh dua kali dan sekali seperti waktu di galeri, jadi untuk fungsi zoom kamu harus menggunakan tombol kaca pembesar yang ada dan pilihan tampilan halaman yang bekerja cukup baik.



Harapan

Kamu mungkin sudah dapat merasakan bahwa Sony Ericsson XPERIA X10 mini memberikan kesan yang positif. Yang manis, cepat dan fungsional. Berbicara soal fungsi, karena layarnya yang kecil maka aplikasi untuk ponsel ini lebih sedikit ada di pasar Android. Kelebihan lain dari ponsel ini adalah mendukung konten OpenGL ES 1.1, jadi ada dukungan lebih untuk aplikasi.

Berikut ini video bahasan Sony Ericsson XPERIA X10 mini.


Info tambahan: Sony Ericsson juga mengeluarkan XPERIA X10 mini pro, dimana selain layar sentuh, ponsel ini juga dilengkapi dengan keyboard QWERTY.

Disadur dari phoneArena oleh day@rh

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles